{2020} 5 Manfaat Makan Sahur Di Bulan Ramadhan 1441H / 2020M

Manfaat Makan Sahur Ramadhan 1441H / 2020M- Di bulan Ramadhan kita ummat muslim di wajibkan untuk berpuasa ramadhan karena termasuk rukun islam yang ke-4, di dalam mengerjakan puasa ramadhan kita di sunnahkan untuk makan sahur sebelum fajar subuh terbit. Di dalam makan sahur tersebut perlu kita semua ketahui bahwa terdapat manfaat yang dapat kita petik, Dan makan sahur tersebut merupakan sebuah ke sunnahan yang di anjurkan Rasulullah Saw terhadap ummatnya yang akan melaksanakan puasa di bulan ramadhan.
Manfaat Makan Sahur Ramadhan 1441H / 2020M- Di bulan Ramadhan kita ummat muslim di wajibkan untuk berpuasa ramadhan karena termasuk rukun islam yang ke-4, di dalam mengerjakan puasa ramadhan kita di sunnahkan untuk makan sahur sebelum fajar subuh terbit.

Di dalam makan sahur tersebut perlu kita semua ketahui bahwa terdapat manfaat yang dapat kita petik, Dan makan sahur tersebut merupakan sebuah  ke sunnahan yang di anjurkan Rasulullah Saw terhadap ummatnya yang akan melaksanakan puasa di bulan ramadhan.

Manfaat Makan Sahur Di Bulan Ramadhan 1441H / 2020M


Ya, banyak orang yang merasa malas ataupun sulit untuk bangun sahur karena jam sahur memang berada di jam-jam orang sedang tertidur lelap. Padahal sahur saat puasa disunahkan dan memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak bisa disepelekan. 

Manfaat Makan Sahur Di Bulan Ramadhan 1441H / 2020M:

1. Sumber Energi

Ingat, setelah waktu imsak, Anda tidak diperkenankan untuk makan dan minum sampai sore hari, tepatnya sampai adzan Maghrib berkumandang. Tentu tubuh tidak memiliki cukup energi untuk bisa tetap beraktivitas normal selama puasa, sehingga yang terjadi adalah tubuh terasa lemas.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan kinerja sistem kekebalan tubuh saat berpuasa. Dengan bersantap sahur, sistem imun senantiasa berada di dalam performa terbaik dalam menghalau mikroorganisme jahat yang hendak menginfeksi tubuh.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi makanan kaya gizi seperti sayur dan buah-buahan saat sahur, ya. 

3. Melancarkan Peredaran Darah

Pasalnya, minum banyak air putih terutama air putih hangat saat sahur dapat menetralisir sekaligus membuang tumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan begitu, racun-racun akan ikut terbuang, yang kemudian berdampak pada lancarnya peredaran darah di dalam tubuh. 

4. Menghindari Gangguan Pencernaan

Aktivitas berpuasa kerap kali berdampak pada terganggunya pencernaan, sembelit terutama.Selain itu, manfaat sahur bagi kesehatan sistem pencernaan lainnya adalah mencegah terjadinya masalah lambung. 

Apabila Anda mengkonsumsi air hangat saat sahur, maka hal ini mendatangkan manfaat makan sahur bagi kesehatan pencernaan yang tak kalah penting, yakni membersihkan usus dari racun-racun sisa makanan. 

5. Menghindari Penyakit Sindrom Metabolik

Pada saat Anda tidur, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon, seperti hormon pertumbuhan (HGH), hormon testosterone, melatonin, dan follicle stimulating hormone (FSH). Sebaliknya, waktu tersebut adalah waktu di mana produksi hormon kortisol alias hormon stres sedang meningkat. 

Itu dia manfaat makan sahur di bulan ramadhan 1441H / 2020M, jika sudah mengetahui tentang manfaat makan sahur di bulan ramadhan di atas, semoga dengan informasi yang kami berikan bermanfaat. jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini.